Active Lerning


Active artinya aktif, selalu berbuat; learning artinya pembelajaran. Terjemahan bebas active learning adalah pembelajaran aktif. Belajar memerlukan kesiapan dan keterlibatan mental dan tindakan sekaligus. Pada saat siswa aktif, hakekatnya tercapai kondisi optimum belajar  yang ditandai dengan pemrosesan informasi dan gagasan, pemecahan mnasalah, dan penerapan konsep.
          Pembelajaran dengan metode ceramah (hanya mendengar) hanya menghasilkan pemahaman yang tidak tahan lama, pembelajaran dengan melihat (guru melakukan demonstrasi atau menyaksikan tayangan LCD/ film) menghasilkan pemahaman tapi sedikit. Namun, bila murid langsung melakukan (learning by doing), artinya murid aktif berbuat, maka akan menghasilkan pemahaman yang lebih tahan lama, berkesan, dan menghantarkan kepada pemahaman yang sebenar-benarnya. Apalagi bila pembelajaran dalam bentuk saling tukar menukar pengetahuan/ informas dan keterampilan antar murid, pemahaman yang diperoleh berada dalam level master (ahli). Hal di atas selaras dengan pernyataan Confucius yang diterjemahkan oleh Silberman.
          What I hear I forget
        What I hear and see, I remember a little
        What I hear , see, and ask questions about or discuss someone        else, I begin to understand,
        What I hear, see, discuss, and do, I acquire knowledge and    skill,
        What I teach to another, I master.
          Pembelajaran aktif tidak dapat terjadi bila siswa hanya mendengar dan mencatat informasi. Bonwell dan Eison (1991) pembelajaran aktif melibatkan murid  dalam melakukan sesuatu dan berpikir tentang apa yang mereka lakukan. Simon (1997) menyatakan bahwa pembelajaran aktif memiliki dua dimensi, yaitu: pembelajaran mandiri dan  dan bekerja secara aktif. Pembelajaran mandiri berarti murid terlibat langsung dalam pengambilan keputusan mengani apa dan bagaimana pembelajaran berlangsung. Sedangkan bekerja secara aktif berarti murid ditantang menggunakan kemampuan mentalnya saat pembelajaran berlangsung.




Source :https://syahril-alrosyid.blogspot.com/

0 Response to "Active Lerning"

Posting Komentar