NO
|
JENIS KEGIATAN
|
BENTUK KEGIATAN
|
INDIKATOR
|
PEMBIMBING
| |
KEWIRAAN
| |||||
1.
|
Pramuka
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Perkemahan
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan kepramukaan
2. Siswa menerapkan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka dalam perilaku kehidupan kesehariannya
3. Mampu berprestasi dalam bidang lomba kepramukaan
|
Mu’min sajja S.Pd.I
| |
2.
|
Pasuspera
(Pasukan Khusus Pengibar Bendera)
|
1. Latihan rutin
2. Latihan Intensif
3. Melaksanakan Upacara Bendera pada Hari Senin dan hari besar nasional
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Kijarpara
2. Siswa menerapkan sikap disiplin dan keteraturan dalam perilaku kehidupan kesehariannya
3. Mampu menjadi petugas upacara di sekolah
4. Mampu berprestasi dalam bidang lomba Rukibra
| ||
OLAH RAGA
| |||||
3.
|
Drum Band
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Drum Band
2. Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun di luar sekolah
3. Mampu berprestasi dalam bidang lomba Drum Band
| ||
4.
|
Pencak Silat
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Pencak Silat
2. Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun di luar sekolah
3. Mampu berprestasi dalam bidang lomba Pencak Silat
| ||
5.
|
Sepak Bola
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Mengikuti Even Lomba
|
1.Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Sepak Bola
2. Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Sepak Bola
| ||
6.
|
Soft Ball – Base Ball
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi (Try Out)
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Soft Ball – Base Ball
2. Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Soft Ball – Base Ball
| ||
7.
|
Tae Kwon-do
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi (Try Out)
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Tae Kwon-do
2. Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Tae Kwon-do
| ||
8.
|
Tenis Meja
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi (Try Out)
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Tenis Meja
2. Mampu berprestasi dalam Kejuaraan Tenis Meja
| ||
SENI
| |||||
9.
|
Seni Karawitan
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan karawitan
2. Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun luar sekolah
3. Mampu berprestasi dalam bidang lomba Seni Sunda
| ||
10.
|
Seni Lukis
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan seni lukis
2. Mampu berprestasi dalam bidang lomba Seni lukis
| ||
11.
|
Seni Tari
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Seni Tari
2. Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3. Mampu berprestasi dalam bidang lomba Seni Tari
| ||
12.
|
Seni Musik dan Vokal
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan seni musik dan vokal
2. Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3. Mampu berprestasi dalam bidang lomba seni musik dan vocal
| ||
13.
|
Perkusi
(Eksibisi)
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan perkusi
2. Mampu tampil mengisi acara di sekolah maupun diluar sekolah
3. Mampu berprestasi dalam bidang lomba perkusi
| ||
ILMIAH
| |||||
14.
|
English Club
|
1. Latihan Rutin
2. Latihan Intensif
3. Eksibisi
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Kelompok Belajar Bahasa Inggris
2. Siswa mendapat wawasan keilmuan diluar pelajaran sekolah
3. Mampu berprestasi dalam bidang Bahasa Inggris
| ||
15.
|
Kelompok Ilmiah Dasar (KID)
|
1. Kegiatan Rutin
2. Pengamatan dan Penelitian sederhana
3. Studi Komparatif
4. Mengikuti Even Lomba
|
1. Siswa mengenal dan menyenangi kegiatan Ilmiah dasar
2. Siswa mendapat wawasan keilmuan diluar pelajaran sekolah
3. Mampu berprestasi dalam bidang kegiatan ilmiah/sains
| ||
B. PENGEMBANGAN KEGIATAN PEMBIASAAN SEBAGAI SALAH SATU PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENANAMAN AKHLAQ
NO
|
JENIS KEGIATAN
|
BENTUK KEGIATAN
|
INDIKATOR
| |||
KEGIATAN RUTIN
| ||||||
1.
|
Shalat berjamaah
|
a. Melaksanakan Sholat Dzuhur dan Ashar Berjama’ah
b. Melaksanakan Sholat Jum’at
|
1. Siswa mengetahui pahala dan manfaat sholat berjama’ah
2. Siswa terbiasa melaksanakan sholat berjama’ah
3. Siswa terbiasa untuk selalu tepat waktu dalam mengikuti setiap kegiatan
4. Siswa terbiasa dengan sikap keteraturan
| |||
2.
|
Mentari Pagi
|
a. Mengikuti Pengajian Pagi
· Hapalan Surat Pendek Al-Qur’an
· Hapalan Bacaan Sholat
· Hapalan Do’a Harian
· Hapalan Sifat Wajib Bagi Allah dan Rosul SAW
· Hapalan Asmaul Husna
|
1. Siswa mampu mengahapal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
2. Siswa mampu menghapal bacaan sholat
3. Siswa mampu menghapal do’a–do’a harian
4. Siswa mampu menghapal dan memahami sifat wajib bagi Allah dan Rosul SAW
5. Siswa mampu menghapal dan memahami asmaul husna
| |||
3.
|
Upacara Bendera
|
a. Mengikuti Pelaksanaan Upacara
b. Menjadi Petugas Upacara
|
1. Siswa mendapatkan nilai nasionalisme dan patriotisme
2. Siswa terbiasa dengan sikap disiplin dan keteraturan
3. Siswa mampu menjadi petugas upacara
| |||
4.
|
Tadarus Al-Qur’an
|
a. Mengikuti Pembacaan Al-qur’an secara rutin dan kontinyu
|
1. Siswa mengetahui pahala dan manfaat membaca Al-Qur’an secara rutin dan kontinyu
2. Siswa mendapat kecerdasan emosi dan spiritual sebagai relfeksi ilahiyah.
| |||
5.
|
Pembinaan Tilawah Qur’an
|
a. Mengikuti Pelatihan dan Pembinaan Tilawah Al-Qur’an secara rutin dan kontinyu
|
1. Siswa mengetahui pahala dan manfaat dari tilawah Qur’an
2. Siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan indah
| |||
KEGIATAN TERPROGRAM
| ||||||
1.
|
Kegiatan Keagamaan
1. Pesantren Ramadhan
2. Pelaksanaan ’Idul Qurban
|
1. a. Mengisi Bulan Suci Ramadlan dengan berbagai amaliah ibadah
b. Menambah wawasan keilmuan tentang keislaman
c. Melatih kediplinan siswa dalam rutinitas ibadah
2. a. Melatih diri dalam melaksanakan ajaran islam (ber Qurban)
b. Mempraktekkan tata cara pelaksanaan qurban
c. Meningkatkan ketakwaan diri melalui proses ibadah qurban
|
1. Siswa mengetahui pahala dan manfaat dari amaliyah ibadah di bulan ramadhan
2. Siswa mampu mengisi bulan suci ramadhan dengan berbagai amaliyah ibadah
3. Siswa terbiasa dengan kedisiplinan dalam beribadah pasca bulan ramadhan
4. Tumbuhnya ketakwaan pada setiap individu siswa yang merupakan berkah dari kegiatan di Bulan Suci Ramadlan
1. Siswa mengetahui tatacara pelaksanaan qurban
2. Terbentuknya pribadi siswa yang sholeh
3. Tumbuhnya jiwa rela berkorban dan ikhlas dalam beribadah dan beramal ibadah
| |||
2.
|
Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme
1. Peringatan Hari Kemerdekaan RI
2. Peringatan Hari Pahlawan
3. Peringatan Hari Pendidikan Nasional
- Seminar Pendidikan
- Bedah Buku
|
1. a. Mengenang kembali jasa perjuangan dari para pahlawan
b. Menanamkan jiwa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam menggapai kemerdekaan
c. Menanamkan akan pentingnya rasa persatuan dan kesatuan dalam usaha menggapai cita-cita bersama
2. a. Mengenang pengorbanan para pahlawan dalam menggapai cita-cita perjuangan
d. Menanamkan jiwa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam media pendidikan
3. a. Mengenalkan paradigma pembelajaran dalam sesuai dengan perkembangan kurikulum terbaru
b. Merangsang peran guru dalam mempersiapkan kompetensi diri dalam upaya memenuhi tuntutan paradima pembelajaran yang terus berkembang
c. Melakuan penyadaran dan penyegaran dalam kebekuan dan kekakuan (conservative teaching) guru dalam proses pembelajaran di kelas
|
1. Tumbuhnya jiwa pekerja (belajar) keras/berjuang dan rela berkorban pada diri siswa dalam menggapai sebuah cita-cita
2. Tumbuhnya rasa persatuan dan kesatuan dalam diri siswa untuk menggapai cita-cita bersama
1. Tumbuhnya jiwa bekerja (belajar) keras /berjuang dan rela berkorban pada diri siswa dalam menggapai suatu cita-cita
1. Mendapatkan wawasan dan keilmuan dalam paradigma pendidikan modern yang lebih kompleks
2. Mendapatkan kembali gairah mengajar para guru dengan metoda mengajar yang lebih menyenangkan yang akan berdampak pada semangat belajar anak
| |||
3.
|
Pekan Kreativitas Siswa
1. Lomba Kreativitas dan
|
1. a. Merangsang potensi diri siswa menjadi sebuah ekspresi diri
b. Menjadikan sebuah media di dalam menyalurkan minat dan bakat siswa
c. Menanamkan rasa percaya diri siswa akan potensi yang dimilikinya
d. Melatih anak untuk aktif, kreatif dan imajinatif
2. a. Menjadikan sebuah media apresiasi masyarakat terhadap kegiatan ekskul
b. Menjadikan sebuah media penanaman rasa percaya diri
c. Menjadikan sebuah media penanaman sikap kemandirian
|
1. Munculnya siswa berprestasi yang akan mewakili sekolah dalam lomba kreativitas dibidang Sains dan Seni
2. Tumbuhnya gairah berkreasi pada setiap individu siswa
1. Tumbuhnya apresiasi positip masyarakat terhadap kegiatan ekskul
2. Tumbuhnya rasa percaya diri pada diri siswa peserta ekskul
3. Tumbuhnya sikap kemandirian pada diri siswa peserta ekskul
| |||
4.
|
Pembinaan dan Bimbingan bagi Calon Siswa Teladan dan Siswa Peserta Olimpiade MIPA
|
4. a. Membentuk dan mempersiapkan kelompok siswa berprestasi
b. Membina kelompok siswa berprestasi yang akan mewakili SD Assalaam dalam even lomba Siswa Teladan dan Olimpiade MIPA
|
1. Terbentuknya kelompok siswa yang siap tampil dalam even lomba prestasi siswa
2. Mampu meraih prestasi dalam even lomba siswa teladan dan olimpiade MIPA
| |||
5.
|
Outdoor Learning & Training
1. Kunjungan Belajar
2. Out Bound
|
5.1. a. Menjadikan sebuah aplikasi teori yang telah didapat dalam pembelajaran formal di sekolah (Learning by doing)
b. Melihat, mengenal, dan mencoba objek nyata berdasar teori yang didapat dalam pembelajaran formal di sekolah (Learning by experience)
c. Menambah wawasan keilmuan di luar yang diajarkan di sekolah yang sifatnya terbatas (Learning by experience)
d. Menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan (Learning is fun)
5.2. Menjadi sebuah sarana pembinaan sikap percaya diri, disiplin dan mandiri
|
1. Siswa mendapat pengalaman setelah melihat, mendengar, merasa dan mencoba objek sebenarnya, berdasar teori yang telah didapat disekolah (Studi Komparatif)
2. Siswa mendapat tambahan wawasan dan keilmuan diluar teori yang diajarkan di sekolah
3. Siswa menyadari dan memahami bahwa dalam bermain ada belajar dan belajar itu menyenangkan
1. Adanya perubahan sikap dan mental anak untuk lebih percaya diri, madiri dan disiplin
| |||
KEGIATAN KETELADANAN
| ||||||
1.
|
Pembinaan Ketertiban PSAS
|
1. a. Mengingatkan akan ketertiban dalam kelengkapan atribut PSAS
b. Melaksanakan pemeriksaan akan kelengkapan atribut PSAS
|
1. Tumbuhnya sikap disiplin dalam berpakaian seragam dengan atribut sekolah yang lengkap
| |||
2.
|
Pembinaan Kedisiplinan
|
2. a. Mengingatkan kedisiplinan kehadiran dan selalu tepat waktu dalam setiap mengikuti setiap kegiatan
b. Mengingatkan kedisiplinan agar selalu berpakaian rapi, bersih dan pantas
|
1. Tumbuhnya sikap disiplin dalam kehadiran dan selalu tepat waktu di dalam setiap mengikuti kegiatan
2. Tumbuhnya sikap displin dalam berpakaian dengan rapi, bersih dan pantas
| |||
3.
|
Penanaman Nilai Akhlak Islami
|
3. a. Menanamkan akhlak baik untuk selalu mengucapkan dan menjawab salam
b. Menanamkan akhlak baik untuk tidak makan dan minum sambil berdiri
c. Menanamkan akhlak baik untuk selalu mendo’akan dan membantu sesama bagi yang terkena musibah
|
1. Tumbuhnya nilai-nilai akhlak islami di dalam keseharian siswa
2. Tumbuhnya kesadaran emosi siswa di dalam berempati kepada sesama
| |||
4.
|
Penanaman Budaya Minat Baca
|
4. a. Menjadikan perpustakaan sebagai salah satu alternatif dalam mengisi waktu luang di sekolah
b. Menjadikan meminjam dan membaca buku perpustakaan merupakan sebuah kebutuhan dalam melengkapi proses belajar
|
1. Tumbuhnya kesadaran akan manfaat dari membaca
2. Tumbuhnya budaya membaca pada diri setiap siswa
| |||
5.
|
Penanaman Budaya Keteladanan
1. Penanaman Budaya Bersih Diri
2. Penanaman Budaya Bersih Lingkungan Kelas dan Sekolah
3. Penanaman Budaya Lingkungan Hijau
4. Peringatan Hari Bumi dan Lingkungan Hidup
|
5.1. a. Pemeriksaan kebersihan dan kesehatan kuku dan gigi
b. Pemeriksaan kebersihan dan kerapian rambut
5.2. a. Mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan kelas dan sekolah
b. Penanaman budaya LISA (LIhat Sampah Ambil)
5.3. a. Merawat tanaman yang tumbuh disekitar lingkungan sekolah
5.5. a. Penanaman kesadaran pentingnya berhemat dalam penggunaan energi air dan listrik
b. Berpartisipasi dalam even kegiatan peringatan hari bumi dan lingkungan hidup
|
1. Tumbuhnya kesadaran akan manfaat kebersihan dan kesehatan kuku dan gigi serta kebersihan dan kerapian rambut
1. Tumbuhnya kesadaran akan pentingnya hidup dalam lingkungan yang bersih.
2. Tumbuhnya kesadaran bahwa menjaga kebersihan merupakan tugas kita semua
1. Tumbuhnya kesadaran akan manfaat dan pentingnya dari lingkungan hijau/asri
1. Tumbuhnya kesadaran akan manfaat dan pentingnya berhemat energi
2. Mendapatkan wawasan keilmuan serta pengalaman dalam masalah lingkungan hidup
| |||
Catatan :
1.Koordinator supaya membuat proposal kegiatan
2.Koordinator.membuat laporan pelaksanaan kegiatan
3.Foto kegiatan
0 Response to "Contoh Silabus Pengembangan Diri dan Ekstrakurikuler"
Posting Komentar