Kehebatan Doa Bagi Umat Islam


Dikisahkan  dalam Alquran Surat Albaqarah ayat 249-251 yang menceritakan tentang  Thalut dan Jalut. Thalut dipilih oleh Allah untuk menjadi raja  atas Bani Israil, yang di kemudian hari akan memimpin peperangan  dengan Jalut, pemimpin orang-orang kafir.
Dikisahkan, setelah melihat  kekuatan yang dimiliki Jalut jauh lebih besar, sebagian pasukan  Thalut gentar dan berkata, ''Tidak ada kesanggupan bagi kami untuk  melawan kekuatan Jalut dan tentaranya.'' Rasa pesimistis dan putus  asa ini membuat mereka lemah menghadapi musuh. Tetapi, sebagian yang  lain merasa yakin menghadapinya dengan berkata, ''Berapa banyak terjadi  golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan  izin Allah.''
Thalut dan  tentaranya --yang percaya kepada pertolongan Allah-- berdoa, memohon  pertolongan kepada Allah dalam melawan orang-orang kafir, dan Allah  mengabulkannya. Pasukan Thalut menang dalam pertempuran dan Jalut yang  perkasa terbunuh oleh salah satu tentara yang bernama Daud, yang di  kemudian hari menjadi salah satu nabi yang memiliki beberapa keistimewaan.
Persepsi akal dapat salah  bila berhadapan dengan kehendak Ilahi. Banyak bukti kejadian yang  tidak dapat dijangkau oleh kekuatan akal semata. Akal hanya mampu  menangkap apa yang dapat diindra. Tetapi, kekuatan doa hanya dapat  ditangkap oleh keyakinan yang mantap dalam hati, yang tidak perlu  dirasionalisasi oleh akal pikiran manusia.
Kemenangan dalam suatu  pertempuran tidak ditentukan oleh kekuatan fisik semata. Senjata  yang lengkap dan jumlah pasukan yang banyak tidak menjadi penyebab  utama atas kemenangan yang didapat. Kemenangan didapat atas izin  Allah.
Di samping  kisah Thalut dan Jalut tersebut, umat Islam pada zaman Nabi Muhammad  SAW juga mengalami kebenaran hukum ini. Dalam pertempuran yang terjadi  di daerah Badar, jumlah tentara Islam sangat sedikit dibandingkan  dengan pasukan musuh. Menurut persepsi akal manusia, mustahil pasukan  Islam dapat memenangkan pertempuran itu. Tapi, umat Islam dapat  memenangkannya dengan izin Allah.
Doa adalah kekuatan tersembunyi yang tidak dapat  ditangkap oleh manusia dan dapat terjadi secara tiba-tiba. Doa  juga menjadi salah satu faktor penyebab di balik setiap keberhasilan  yang dicapai. Hal ini sudah menjadi bukti sejarah sepanjang masa.
Oleh karena itu, dalam  menghadapi setiap permasalahan --besar maupun kecil-- hendaknya  umat Islam tidak lupa berdoa. Memohon kepada Allah agar permasalahan  yang sedang dihadapi mendapat pertolongan dari Allah SWT, termasuk  menghadapi berbagai musibah yang terjadi akhir-akhir ini.

0 Response to "Kehebatan Doa Bagi Umat Islam"

Posting Komentar