Contoh Program Tahunan (PROTA)


MATA PELAJARAN                   : PAI  dan  Budi  Pekerti
KELAS/SEMESTER                    : X  / Ganjil  dan  Genap
TAHUN PELAJARAN                : 2018/2019

Kompetensi  Inti  (KI)


K1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

K2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

K3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

K4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


No

Semester

Aspek

Kompetensi  Dasar ( KD)


Jumlah  Jam








1


















I








Al-Qur’an
3.1 Menganalisis  QS. Al-Anfal (8): 72); QS. Al-Hujurat (49): 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3 jam
3.2 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
3 jam
4.1.1.Membaca QS. Al-Anfal (8): 72); QS. Al-Hujurat (49): 12; dan QS. Al-Hujurat (49): 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
3 jam
4.1.2. Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8): 72); QS. Al-Hujurat (49): 12; QS Al-Hujurat (49): 10, dengan lancar.
3 jam


2


Akidah
3.5 Memahami makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).

3  jam
4.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
3  jam


3



Fikih
3.7 Memahami QS. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
3 jam
4.5 Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
3  jam


4


Fikih
3.9 Memahami pengelolaan  wakaf.
3 jam
4.7.1. Menyajikan dalil tentang ketentuan waqaf.
3 jam
4.7.2. Menyajikan pengelolaan wakaf.
3 jam


5


Tarikh
3.10.1 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah  saw.di Makkah
3 jam
4.8.1   Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah  saw. di Makkah
3  jam






6












II






Al-Qur’an
3.3 Menganalisis  QS. Al-Isra’ (17): 32, dan QS. An-Nur (24): 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3 jam
3.4 Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3  jam
4.2.1 Membaca QS. Al-Isra’ (17): 32, dan QS. An-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
3 jam
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Isra’ (17): 32, dan QS. An-Nur (24): 2 dengan lancar
3 jam


7


Akidah
3.6 Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
3  jam
4.4 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah swt.
3  jam


8


Fikih
3.8 Memahami kedudukan Al-Qur’an, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
3  jam
4.6 Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam.
3  jam






9


Tarikh
3.9 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah  saw.  di Madinah.
3  jam
4.5 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah  saw. di Madinah
3  jam






........................., 16 Juli 2018

Mengetahui,
Kepala SMA ..................................




................................................
NIP ..............................................

      Guru Mata Pelajaran




       .....................................
      




0 Response to "Contoh Program Tahunan (PROTA)"

Posting Komentar