MATA PELAJARAN : PAI dan
Budi Pekerti
KELAS/SEMESTER : X / Ganjil
dan Genap
TAHUN PELAJARAN : 2018/2019
Kompetensi Inti
(KI)
|
|||
K1:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
||
K2:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
||
K3:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
||
K4:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
||
No
|
Semester
|
Aspek
|
Kompetensi Dasar ( KD)
|
Jumlah Jam
|
1
|
I
|
Al-Qur’an
|
3.1 Menganalisis QS. Al-Anfal
(8): 72); QS. Al-Hujurat (49): 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10; serta hadits
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah).
|
3 jam
|
3.2 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya
dalam kehidupan.
|
3 jam
|
|||
4.1.1.Membaca QS. Al-Anfal (8): 72); QS. Al-Hujurat (49): 12;
dan QS. Al-Hujurat (49): 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
|
3 jam
|
|||
4.1.2. Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8): 72); QS.
Al-Hujurat (49): 12; QS Al-Hujurat (49): 10, dengan lancar.
|
3 jam
|
|||
2
|
Akidah
|
3.5 Memahami makna Asmaul Husna: (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir).
|
3 jam
|
|
4.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3 jam
|
|||
3
|
Fikih
|
3.7 Memahami QS. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
|
3 jam
|
|
4.5 Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari
ilmu
|
3 jam
|
|||
4
|
Fikih
|
3.9 Memahami
pengelolaan wakaf.
|
3 jam
|
|
4.7.1. Menyajikan
dalil tentang ketentuan waqaf.
|
3 jam
|
|||
4.7.2. Menyajikan
pengelolaan wakaf.
|
3 jam
|
|||
5
|
Tarikh
|
3.10.1 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw.di Makkah
|
3 jam
|
|
4.8.1 Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasullullah saw. di Makkah
|
3 jam
|
|||
6
|
II
|
Al-Qur’an
|
3.3 Menganalisis QS.
Al-Isra’ (17): 32, dan QS. An-Nur (24): 2, serta hadits tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
3 jam
|
3.4 Memahami manfaat dan hikmah larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
3 jam
|
|||
4.2.1 Membaca QS. Al-Isra’ (17): 32, dan QS. An-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
|
3 jam
|
|||
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Isra’ (17): 32, dan
QS. An-Nur (24): 2 dengan lancar
|
3 jam
|
|||
7
|
Akidah
|
3.6 Memahami
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt.
|
3 jam
|
|
4.4 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah swt.
|
3 jam
|
|||
8
|
Fikih
|
3.8 Memahami
kedudukan Al-Qur’an, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
3 jam
|
|
4.6 Menyajikan
macam-macam sumber hukum Islam.
|
3 jam
|
|||
9
|
Tarikh
|
3.9 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah
saw. di Madinah.
|
3 jam
|
|
4.5 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah
saw. di Madinah
|
3 jam
|
........................., 16 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA ..................................
................................................
NIP ..............................................
|
Guru Mata Pelajaran
.....................................
|
0 Response to "Contoh Program Tahunan (PROTA)"
Posting Komentar