BAHAYA GAME

Seorang peneliti dari Uuniversitas Bristol Inggris mengatakan bahwa, kebiasaan anak yang banyak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game akan sangat berpengaruh pada kejiwaannya. Penelitian tersebut menemukan bahwa kesulitan psikologis meningkat sebesar 60% pada anak yang menghabiskan lebih dari 2 jam dalam sehari untuk bermain game atau menonton televisi.


FAKTOR PENYEBAB KECANDUAN GAME
Berikut ini adalah faktor yang membuat kecanduan bermain game :
1.      Stress yang muncul karena beban yang terlalu berat yang dialami oleh anak serta ketidak mampuan dalam mengelola masalah yang dihadapi.
2.      Rasa bosan, karena kurangnya aktivitas atau aktivitas yang monoton mendorong anak menghabiskan waktunya untuk bermain game.
3.      Kelonggaran orang tua dalam memanjakan anak dengan memberikan gadget yyang berisi banyak game. Dan banyak orang tua yang tidak peduli terhadap permasalahan ini sehingga mengabaikan begitu saja dengan dalih “yang penting anak tidak keluar rumah bergaul yang tidak baik”.

DAMPAK NEGATIF
Berikut ini adalah dampak negatif dari kecanduan game bagi kesehatan fisik dan mental anak, diantaranya adalah :
1.      Mendorong anak untuk menyalahgunakan uang yang diberikan orang tua dan berbohong untuk bermain game.
2.      Anak-anak yang hobi bermain game perang atau game kekerasan lainnya rentan akan memiliki fantasi dan perilaku yang lebih agresif.
3.      Anak cenderung kurang bersosialisai dan tidak banyak tahu tentang dunia sekitarnya. Akibatnya, anak akan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain.
4.      Anak cenderung menjadi cepat marah, sensitif, mudah tersinggung dan emosional.
5.      Mengganggu kesehatan, terutama mata. Menyebabkan penyakit arthritis, carpal tunnel syndrome (mati rasa, kesemuta, kerusakan otot pada tangan dan jari), menurunkan metabolisme tubuh karena tidak beraktifitas.

CARA MENGATASI KECANDUAN GAME
1.      Memberikan pemahaman kepada anak bahwa bermain game secara berlebihan akan berakibat buruk pada perkembangan psikologis.
2.      Bermain game yang mengasah otak bersama keluarga dengan tetap memberikan batasan-batasan waktu, disini orang tua harus bersikap tegas terhadap anak terkait waktu yang sudah disepakati bersama ketika bermain game.
3.      Menggali bakat anak melalui kegiatan positif diluar rumah, misalnya bermain sepak bola atau hal-hal lain. Oleh karenanya kenali bakat anak.

0 Response to "BAHAYA GAME"

Posting Komentar